to bollywood with love

Standard

“To Bollywood with Love” begitulah mereka menamai festival malam ini. Acara ini adalah rangkaian kegiatan BrisAsia Festival yang digelar oleh Brisbane City Council selama sebulan penuh di kota Brisbane.

Ada yang berbeda malam ini. Lantunan lagu India serasa menyulap kota Brisbane menjadi kota Bombay. Orang orang berpakaian ala India. Ditengah jalan terdapat sebuah panggung besar yang menampilkan setting pengambilan gambar serasa berada didalam filem India.

Wah serasa berada di salah satu film “Shahruk khan”….. mimpi kalee yaaa…!!!

Menjadi bagian dari performa malam ini adalah sebuah kesempatan langka. Tak kuasa rasanya menahan diri untuk tak mengikuti irama lagu yang berdendang. Puluhan orang berdendang dan bergoyang mengikuti irama music didalam sebuah lingkaran yang besar tepat didepan panggung. Sebuah pertunjukkan klasik sedang di pentaskan. orang orang diluar lingkaranpun turut bergoyang sambil mengabadikan momen langka ini.

Ada yang menarik dari pertunjukan satu scene berdurasi sekitar 30 menit ini. Setiap orang yang turut serta dalam pertunjukkan itu sebelumnya harus mendaftarkan diri mereka. Kemudian mereka diberi pelatihan singkat gerakan yang akan mereka peragakan ketika music telah dilantunkan. Lalu mereka diberi dua carik kain yang akan mereka pegang saat mereka menari. selanjutnya mereka memasuki arena pertunjukkan dan bersiap-siap menjadi bagian dari cerita pernikahan ala India yang diiringi alunan musik dan tarian. Saat music diperdengarkan dan adengan dilakonkan, para pesertapun secara serentak mulai menari, meliukkan badan mengikuti irama music. Sungguh sebuah pertunjukan yang luar biasa.

Saya berkesempatan menyaksikan 2 babak pertunjukan itu sambil mengumpulkan data (survey) mengenai¬† pendapat orang mengenai event tersebut. Berbekal sebuah ipad, sebuah tas berisi informasi, sebuah botol air mineral dan sebuah ID card bertuliskan volunteer yang saya kalungkan dileher, sayapun memulai petualangan saya menjadi seorang surveyor. “Lumayan bisa nambah pengalaman sambil turut serta dalam lakon,” pintaku dalam hati.

Brisbane, Pebruary 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s